Kuliah Kerja Lapangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis di Jawa Tahun 2018

  • 02 Februari 2019
  • 09:44 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dalam rangka penguatan kompetensi mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis, diselenggarakanlah Kuliah Kerja Lapangan dari tanggal 13-20 Oktober 2018 dengan tujuan utama adalah mengunjungi beberapa institusi yang terkait di Pulau Jawa, baik institusi pendidikan maupun organisasi nir laba yang mengkhususkan aktifitas mereka dalam bidang pengembangan dan sosialisasi hadis dan ilmu hadis.

Setelah dilepas secara resmi oleh Pimpinan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, rombongan mahasiswa Prodi Ilmu Hadis meninggalkan kota Makassar pada tanggal 13 Oktober 2018 dengan menggunakan kapal laut KM. Dobonsolo, yang bertolak dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Perjalanan laut yang ditempuh hampir 24 jam lamanya dengan iringan gelombang Selat Makassar dan Laut Jawa yang bersahabat, memberikan kesan awal sebuah perjalanan akademik mahasiswa Prodi Ilmu Hadis tenang dan penuh optimisme.

Merapat di Surabaya merupakan harapan yang melegakan dan sekaligus menyenangkan. Dua bus besar telah menanti mahasiswa untuk menyusuri jejak-jejak akademik di Pulau Jawa. Dari Surabaya, rombongan mahasiswa selanjutnya menuju Malang, salah satu kawasan dataran tinggi yang sejuk di Jawa Timur, dan menjadi salah satu destinasi pendidikan dan wisata yang terus berkembang.